Selasa, 01 April 2008

Dunia Infotainment...Apakah Jurnalis Sejati..?

Kebon Jeruk, 2 April 2008

Suatu saat di kantor....,

Infotainment...//Sebutan ini kini kian melekat di hati masyarakat//Bagi pemirsa../ gosip miring dikalangan selebritis tanah air../ telah membuka mata kita/ fakta peristiwa yang terjadi dikalangan artis//

Saya sendiri baru bergabung/ di dunia infotainment/ sekitar 4 tahun yang lalu// Saat itu/ orang berbondong-bondong menciptakan sebuah tayangan/ yang berkiblat pada sebuah fakta terkini/ di seputar kehidupan selebritis//

Mulai dari teman biasa/ hingga akhirnya percintaan// Dari percintaan/ berlanjut ke pelaminan// Hebohnya lagi../ setelah menikah/ mereka berselingkuh// Dam akhirnya ruang pengadilan agama penuh sesak oleh kamera/ yang berusaha mendapatkan gambar artis yang sedang bercerai//

Inilah potret kehidupan para selebritis kita// Sebuah realita kehidupan/ ditengah gunjingan miring tentang arti "Infotainment" itu sendiri//

Ada pula kesedihan// Misalnya/ berita kematian yang terjadi dikalangan selebritis// Tidak sedikit/ berita kematian terkadang menjadi sebuah tanda tanya besar../ mengapa dia meninggal..?//

Di lain pihak/ berita tertangkapnya beberapa artis yang mengkonsumsi narkoba/ juga tidak lepas dari pandangan para pekerja infotainment/ atau yang akrab di sebut sebagai "Wartawan Infotainment"//

Inilah sebuah kenyataan// Inilah pekerjaan saya// Bergulat dengan para artis/ yang hanya mau memperlihatkan pembenaran sejati/ di depan kamera//

Kadang../ saya hanya bisa tertawa/ melihat tingkah laku mereka../ bila tanpa kamera// Mereka begitu liar/ begitu bebas mengekspresikan diri// "Mumpung sedang tidak di record"/ kata mereka sambil menggoda//

Saat ini/ infotainment tidak hanya mengejar rating semata// Infotainment kini/ telah menjelma menjadi sebuah industri/ yang menjanjikan keuntungan hingga milyaran rupiah//

Dari data yang pernah saya dengar/ dalam satu tahun saja/ bisnis ini mampu menghasilkan keuntungan/ kurang lebih 17 milyar// Wow../ sebuah angka yang fantastis/ untuk ukuran sebuah tayangan infotainment//

Sejak saya berkecimpung di dunia infotainment/ saya sadar../ banyak komentar negatif/ tentang profesi yang saya tekuni// Tidak hanya dari teman seprofesi/ pandangan negatif juga datang dari beberapa orang/ yang menganggap infotainment tidak lebih dari sekedar mengumbar "aib" semata//

Saya hanya bisa terdiam/ menerima semua kritikan itu// Dalam hati/ mungkin saja mereka tidak mengerti/ karena yang terlihat selama ini/ infotainment hanya itu-itu saja../ kalau tidak selingkuh../ ya pasti bercerai//

Tulisan ini saya buat bukan/ bukan untuk menjawab apakah pewarta infotainment itu/ adalah jurnalis sejati// Tulisan ini lebih kepada menggambarkan profesi saya sebagai wartawan infotainment//

Tulisan ini saya buat/ juga bukan untuk diperdebatkan/ karena intinya/ hanya saya lah yang tahu/ apakah saya ini seorang jurnalis sejati/ atau sebaliknya//


Courtessy by,


Badboys

Tidak ada komentar: